Kamis, 12 Agustus 2010

Madiun

Hallo guys,sori yah bberapa hari kmren di PerisaiKaret ga ada postingan baru.Innalillahi Wainnalillahi Rajiun,selasa kmren mbah uyut aku yg umurnya 103 tahun (kalo ga salah,ada yg bilang 105 hhe) telah dipanggil sama ALLAH SWT ketempat yg lebih indah diatas sana (AMIIIIIIIN).Ceritanya gini,hari minggu atau hari sabtu sebelumnya kka gue mimipi giginya copot percis kayak waktu meninggalnya ade sepupu gue Alm.Wisnu.Bangun-bangun dilangsung keluar dan nangis "mah,tadi malem kka mimpi gigi kka copot",kita semua cuma bisa diem dan bingung karena belom mikir sampe Alm.Wisnu.Salasa pagi,kita semua bangun kayak biasanya,pagi-pagi sekitar jam 8an pas gue,kka gue,sama ade gue lagi nnton film pacar gue Miley Cyrus The Last Song.Papah gue udah berangkat kantor,mmh gue dan pembantu lagi nyapu-nyapu rumah.Tiba-tiba ada telpon masuk dari manggarai,mamah gue yg angkat "halloo..." "innalillahi,oh yaudah kita kesana-kita kesana" "knpa mah ?"kta kka gue 'mbah uyut meninggal ?" kta gue "iya"jawab mmh gue "innalillahi" gak lama sodara gue Alvin telpon gue "pin mbah uyut" "iye gue tau" gue denger suara jeritan sama tangisan diblkang,udah kyk orang ga dapet BLT.Mmh gue langsung siap siaga munculin taringnya yg tajam buat telpon pph gue "pah,mbah meninggal.bisa pulang ga pah ?" "bla...bla...bla..." "oh yaudah" mmh gue nutup telponnya.Gue pikir pph gue ga bisa tautaunya "abaaaaangg,kakkaaaaa,adeeeee cepet bawa baju satu buat ke manggarai"tereak lantang mmh gue kayak vampir puasa lima abad "hhmmm".Terus kita siap-siap sambil nunggu pph pulang tiba-tiba ada yg telpon lagi "hallo.." "bla...bla...bla..." "oh iyaiya" "abaaaaaaaang,kakaaaaa,adeeeeek bawa baju buat tiga hari kita kemadiun" "horeeeeeee"tereak kita bertiga.Abis beres-beres dan pph gue udah pulang kita semua langsung brangkat.Sampe dimanggarai kita langsung ke rm mbah yg ada di manggarai,pas nyampe gue udah liat mbaj uyut gue udah di pocongin,gue udah ga bisa lagi ngobrol sama mbah uyut pake bahasa jawa lagi.Dulu impian gue mau belajar bhs jawa pasih cuma buat ngobrol berdua sama mbah uyut tapi impian itu sirnah mbah udah ga ada.Kitapun bergegeas siap-siap ke madiun pake bis rombongan sekeluarga,ada yg naek kereta dan 2 orang di mobil ambulan sama mbah uyut.Lagi dijalan gue mikir "wah seneng ya jadi mbah uyut,hari terakhirnya ada didunia ditemenin hampir seluruh anak,cucu,cicitnya ada dan kebetulan banget kita semua lagi pada libur.Allah memang Maha Penyayang terhadap hamba-hambanya yg ada didunia ini."Kita berangkat dari manggarai jam 2siang,berkalikali kita berhenti buat istirahat kecuali mobil ambulannya laju terus dan misah dari bis.Udah jam stngh 4 kita belom juga dapet tempat buat sahur gak lama Alhamdulillah Allah Sangat Maha Penyayang kita dituntun kewarteg yg masih buka sendirian ditengah saur.Kita pun melanjutkan perjalanan ke madiun,sampe dimadiun kira-kira jam 9 siang.Gak lama keluarga dari lampung sama bandung juga sampe,jam 12 kurang kita pun mulai jalan kepemakaman deket rumah mbah uyut.Sampe disana gue kaget seneng dan hampir mau nangis,disebelah kuburan mbah uyut ada kuburan mbah kakung uyut sama mbah putri ciputat yaitu anak mbah uyut.Oh God,betapa indahnya rencanamu ini "tahan fin tahan" ujar gue dalem hati.Setelah ngubur kita semua langsung pulang dan anak-anak tuyul yg pecicilan malah main lari-larian didepan gue yg lagi puasa,tapi gue berfikir "anak-anak sekecil ini belum bisa merasakan kehilangan dan ga sedih bahkan malah nanya-nanya 'mah itu siapa ?' 'mah diapain tuh mah ? aku pengen' Allah itu baik banget yah,munkin kalo anak-anak tuyul kayak mereka udah ngerti arti kehilangan,mereka semua bakalan nangis kejer dan ga bakalan berenti-berenti yg mengakibatkan ortunya pada pengen ngebunuh rasanya".Gak kerasa udah jam 6 lagi,waktunya buka puasa dan gue berfikir lagi "Ya Allah aku baru inget kalo pertama kali aku kesini mungkin kelas 1sd bareng keluarga dan lagi puasa juga.Mbah uyut pun masih sehat dan bahkan gue (cuma gue) diajak kepasar buat nyicipin makanan buat buka puasa aaaarrrrggggghhhh gue makin pengen nangis,tapi gue harus ngeikhlasin mbah uyut diatas sana karena doa gue bakalan selalu ada sampai kapanpun untuk orang-orang yg gue cinta muah :* love u mbah".Malemnya abis isya gue pulang,tapi gak semuanya pulang malem ini ada yg besok dan bahkan ada yg sampe seminggu disana.Gue berangkat dari madiun jam 8malem,sebelum berangkat mbah putri gue udah siapin makanan buat saur nanti.Setelah makan saur kitapun lanjut pulang,tapi gue inget terakhir gue ketemu mbah uyut itu hari minggu sebelum selasa mbah meninggal dan kondisi mbah itu udah lemes banget dan semuanya udah serba dikasur,disitu gue gak ngomong apa-apa karena melihat kondisi mbah yg sulit buat ngomong.Kalo gak salah juga terakhir kali gue ngobrol sama mbah uyut itu udah bberapa minggu yg lalu pas mau jemput mbah putri yg lagi nginep dimanggarai,tangan gue digenggem mbah uyut dan mbah ngomong bahasa jawa yg menurut gue udah super wowowowow untungnya ada mbah putri gue disebelah gue dan katanya "bilang iya aja bang" akhirnya gue cuma bilang iyaiya aja.Pas gue mau pulang dan mau lepasin genggaman tangan mbah uyut,mbah malah mau nangis "mau kemana ?" tanya mbah pake bahasa jawa "mau pulang mbah" jawab gue pake bahasa indonesia akhirnya mbah putri gue nyamber "jangan nangis mbah,nanti kita kesini lagi jangan nagis" "iyaiya,mbah gak nangis" yg tentunya pake bahasa jawa.Sampe diPWK gue jam 4 sore,yasegitu deh cerita ttg Almh.Mbah Uyut gue doain ya guys supaya diterima disisiNYA yg aman dan nyaman itu :') AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar